Jumat, 15 April 2016

Soal 1
Apakah yang anda ketahui tentang Manajemen Pemasaran Global ? lalu sebutkan prinsip Pemasaran Global ? Jelaskan !

Jawab : Manajemen Pemasaran Global  adalah pemasaran berkala seluas dunia. Peluang pasar selalu terbuka bagi semua pelaku usaha, tak terkecuali di pasar ekspor. Yang penting mesti kreatif dan mau berinovasi dalam mengembangkan pasar.
Prinsip pemasaran global :
1.    Nilai pelanggan
2.    Keunggunlan kompetitif/ diferensial
3.    Fokus

Nilai Pelanggan dan Persamaan Nilai
Intisari pemasaran adalah menciptakan nilai pelanggan yang lebih besar daripada nilai yang diciptakan oleh pesaing. Persamaan nilai adalah sbb :
V = Nilai
B = Manfaat yang dirasakan
P = Harga
Seperti yang disarankan dalam persamaan ini, nilai untuk pelanggan dapat dinaikkan dengan memperluas atau memperbaiki produk dan atau manfaat jasa dengan menurunkan harga atau gabungan dari unsur ini.
Keunggulan Kompetitif atau Diferensial
Prinsip yang kedua adalah keunggulan kompetitif. Keunggulan kompetitif adalah penawaran total, dihadapkan pada persaingan yang relevan, yang lebih menarik pelanggan. Keunggulan tsb dapat muncul dalan unsur apapun yang ditawarkan perusahaan : produk, harga, iklan dan promosi di tempat penjualan, serta distribusi produk itu sendiri.
Fokus
Fokus atau konsentrasi perhatian  Fokus diperlukan untuk berhasil dalam tugas menciptakan nilai pelanggan pada keunggulan kompetitif. Fokus yang jelas pada kebutuhan dan keinginan pelanggan serta pada penawaran yang bersaing diperlukan untuk menggerakkan usaha yang perlu untuk mempertahankan keunggulan yang membedakan.

Soal 2
Faktor apa saja yang mendorong dan menghambat pemasaran global? Jelaskan !

Jawab : faktor-faktor pendorong pendorong perusahaan Domestik untuk memasuki Pasar Global yaitu:
1.    Teknologi
2.    Perjanjian Ekonomi Regional
3.    Kebutuhan dan Ekonomi pasar
4.    Perbaikan transportasi dan komunikasi
5.    Biaya pengembangan produk
6.    Kualitas
7.    Kecenderungan ekonomi dunia
8.    Daya tuas
9.    Korporasi global / transnasional
Teknologi : adalah suatu faktor universal, disini tidak ada batasan negara dan budaya yang membatasi penerapan teknologi , artikel levitt dalam “ Harvard Business Review” telah mengantisipasi revolusi komunikasi yang terjadi sbg faktor pendorong pemasaran global.
Pengajian ekonomi regional : banyak perjanjian perdangangan multirateral telah mempercepat langkah-langkah intregrasi global. Misalnya :
a.    NAFTA, telah mengembangkan perdagangan diantara Negara-negara AS, Canada, Mexiko.
b.    GATT (General Agreement on Tariffs and Trade) yang diartikan lebih dari 120 negara pada 1994 telah membuat WTC (World Trade Center) mempromosikan dan melindungi perdagangan bebas.
c.    MEA
Kebutuhan dan ekonomi pasar : pada umumnya pasar global tidak timbul secara alamiah tetapi diciptakan melalui upaya-upaya pemasaran. Pemasaran dapat mendorong perubahan dalam perilaku pasar. Pada pasar global terdapat budaya yang bersifat universal, disamping perbedaan budaya. Kebutuhan pasar yang sama dapat dipertemukan dengan pendekatan global.
Contoh: minuman ringan, salah satu industri global yang terbesar yang sukses
Perbaikan transportasi dan komunikasi:  Revolusi informasi memberikan kontribusi pada berkembangnya pemasaran global. Darisini dapatdiartikan bahwa perbaikan transpotasi dan komunikasi telah menghilangkan penghalang waktu dan biaya yang dihubungkan dengan jarak.
Biaya pengembangan produk: Dorongan untuk memasuki pasar global mneguat pada produk-produk baru yang membutuhkan investasi besar dan jangka waktu pengembangan yang lama. Contoh: industri farmasi
Kualitas: persaingan global memaksa semua perusahaan untuk memperbaiki kualitasnya. Ketika perusahaan global melakukan benchmark dalam hal kualitas, pesaing harus cepat-cepat melakukan perbaikan produk perusahaan. Strategi pemasaran global dapat menghasilkan revenue dari margim operasi yang lebih besar untuk mendukung kualitas desain dan produk.
Pertumbuhan ekonomi dunia :
•    Pertumbuhan ekonomi telah menciptakan peluang pasar yang mendorong perusahaan berkembang secara global.
•    Pertumbuhan ekonomi telah mengurangi daya tahan melawan masuknya perusahaan asing ke perekonomian lokal.
•    Pergeseran didunia terhadap deregulasi dan privatisasi, privatisasi telah membuka pasar tertutup sehingga menimbulakan peluang yg besar misal; privatisasi telepon.
Daya Tuas : Keunggulan yang dimilikinya karena perusahaan itu beroperasi secara simultan dilebih dari satu pasar nasional. Sebuah perusahaan global dapat mengembangkan 5 type daya tuas:
1.    Transfer pengalaman
2.    Transfer sistem
3.    Penghematan skala
4.    Pendayagunan sumber daya
5.    Strategi global.
Faktor-faktor yang menghambat pemasaran global:
a.    Kecondongan manajemen Dalam banyak hal, produk dan kategori merupakan calon untuk globalisasi, tetapi manajemen tidak menangkap kesempatan tsb
b.    Budaya organisasi : perusahaan yang sukses adalah pemasar yang telah belajar cara memadukan visi global dan perspektif dengan inisiatif dan masuk pasar lokal. Hal ini sulit dilakukan oleh perusahaan.
c.    Kendali nasional / hambatan untuk masuk : Setiap negara melindungi perusahaan lokal dan kepentingannya dengan memegang kendali terhadap akses pasar dan jalan masuknya.

Soal 3.
Hal apa saja yang akan di siapkan untuk memasuki pasar global?

Jawab : Strategi pertama yang harus di lakukan pada Strategi Memasuki Pasar Internasional adalah dengan mengetahui lingkungan pemasaran internasional dan yang paling penting adalah sistem yang di gunakan dalam perdagangan internasional. Dalam mempertimbangkan pasar asing, harus mengetahui dan memperhatikan beberapa hal seperti hukum, ekonomi, budaya negara yang jadi tujuan pasar dan juga politik.
Strategi kedua yang harus di lakukan adalah perusahaan  semestinya dapat mempertimbangkan proporsi dari penjualan di pasar Internasional untuk target total penjualannya.apakah akan berbisnis dalam beberapa Negara tertentu saja atau mungkin berbisnis dalam banyak Negara.
Strategi ketiga adalah memutuskan setiap pasar yang akan di masuki. Strategi ini memberikan keharusan penilaian terhadap besarnya keuntungan atau laba atas investasi yang dibandingkan resiko yang akan terjadi.
Dan untuk strategi keempat dan yang terakhir adalah perusahaan perlu memutuskan cara menembus pasar Negara lain yang menjadi target dan juga memberikan keputusan sejauh mana promosi, produk, distribusi dan harga yang sesuai dengan pasar asing tersebut.

Soal 4.
Apa saja prinsip pemasaran global?

Jawab : prinsip perusahaan, prinsip komunitas, prinsip persaingan, prinsip mempertahankan, prinsip integrasi, prinsip antisipasi, prinsip merek, prinsip pelayanan, prinsip proses.

 Soal 5.
Jelaskan lingkungan pemasaran global ?

Jawab: Dimensi lingkungan makro adalah ekonomi, sosial budaya, politik dan hukum serta teknologi. Dari masing-masing itu semua adalah penting, namun yang lebih dominan dari itu semua adalah ekonomi. Bahwa dengan adanya materi atau uang yang banyak kita dapat leluasa untuk melakukan bisnis. Ini dapat dibuktikan bahwa produk-produk mewah tidak dapat di jual pada semua konsumen hanya kalangan tertentu yang dapat membelinya.
Lingkungan ekonomi dunia sendiri meliputi:
•    Tinjauan ekonomi Dunia
•    Sistem ekonomi
•    Tahapan perkembangan pasar
•    Tahapan perkembangan ekonomi
•    Pendapatan dan paritas daya beli
•    Lokasi populasi
•    Perkembangan pemasaran dan ekonomi
•    Neraca pembayaran
•    Pola perdagangan







 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar